Kamis, 04 Desember 2014

Fakta mengenai Android

Android merupaka salah satu OS yang terkenal di Indonesia. Siapa lagi di Indonesia yang tidak mengenal smartphone berbasis android, yahh mungkin hanya kakek2 dan nenek2 yang belum banyak mengenal sistem android ini. tetapi, bagi kalangan remaja masa kini, smartphone berbasis android ini sudah menjadi tren masa kini bahkan dijadikan fashion jika ingin pergi kemana mana. Smartphone yang berbasis android ini mempunyai banyak sekali fitur-fitur yng mampu memanjakan para pengguna smartphone di Indonesia, dan kali ini saya tidak membahas tentang kelebihan smartphone berbasis android, melainkan membahas 5 fakta mengenai android. simaklah ulasan berikut ini:





1. Android Bukan Diciptakan oleh Google

    Google bukanlah creator sistem android. Faktanya, androiddikembangkan oleh perusahaan Android Inc di palo Alto, California. Perusahaan ini didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Niat awalnya adalah mengembangkan operation system untuk camera digital. Namun, ketika sadar bahwa pasar kamera digital tidak cukup besar, maka mereka beralih ke sitem operasi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windows mobile. Pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang, lalu pada 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. Setelah proses akuisisi, google tetap mempertahankan karyawan kunci dari Android Inc, termasuk Rubin, Muner, dan White. Semenjak saat itulah Android berkembang pesat dan mengembangkan platform perangkat mobilenya.

2. Sistem Operasi Android Dikembangkan dari Linux

    Basic sistem oerasi Android dikembangkan dari kernel Linux. Google telah membuat banyak sekali perubahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar sehingga Android telah  melampaui dasar asli dari kernel Linux. Dan tahukah anda bahwa ketika pertama kali dikembangka oleh Android Inc,ada dua update yaitu 1.0 Astro dan 1.1 Bender. Dibawah managemen google,setiap kali Android melakukan update, mereka menamainya dengan nama makanan pencuci mulut atau cemilan gula yang teredengar unik. Sebagai contoh Android 1.5 Cupcake, kemudian 1.6 Donut. Dan yang baru saja di update adalah Android 5.0 Lollipop.

3. Android Adalah Open Source

    OS android merupakan Open Source software dimana google merilis kodenya dibawah lisensi Apache Android Open Source Project (AOSP), kode open source yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan secara bebas. Androoid juga memiliki komunitas pengembang aplikasi (Apps)  yang semakin memperluas fungsionalitas perangkat. Inilah yang membuat Android berkambang jauh lebih pesat dibanding kompetitornya.

4. Pengguna Laki-laki Lebih Banyak Dibanding Perempuan

    Secara demografis, pengguna Android di Amerika lebih banyak laki-laki daripada perempuan.Menurutdata dari eMarketer yang dirilis Mei 2013, persentasenya adalah laki- laki 31% sedangkan permpuan 26%. Pengguna terbanyak berusia muda yaitu 18-24 tahun sebesar 43% dan usia 25-34 sebesar 40%. Pengguna Android menggunakan ponsel mereka leboh dari sekedar SMS dan telepon saja. Sekitar 34% dari waktu mereka dihabiskan untuk cek email dan 21% bermain game.

5. Ponsel Android pertama adalah HTC Dream

    HTC Drean merupakan ponsel pertama yang menggunakan OS Android. Ponsel yang diproduksi oleh HTC ini menggukan Android versi 1.0 yang dirilis pertama kali pada tanggal 23 september 2008. Sekarang Android telah beroperasi pada sekitar 109 ponsel.





Sekian info yang dapat saya berikan mengenai fakta android. Dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung..

1 komentar: